Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


 

Indeks Berita

Jokowi Siap Dukung Jurnalisme Berkwalitas Melalui Perpres

Kamis, 09 Februari 2023 | 2/09/2023 04:37:00 PM WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-14T04:06:52Z

Presiden Jokowi akan keluarkan Peraturan Presiden guna mendukung Jurnalisme yang berkwalitas

Deli Serdang,SUMUT-gardakeadilannews.com
 
Hal tersebut disampaikan salam pidatonya di depan para insan pers pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 yang digelar di Gedung Serbaguna Pemerintah Provinsi Sumatra Utara, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (09/02/2023).

“Keberlanjutan industri media konvensional juga menghadapi tantangan berat. Saya mendengar banyak mengenai ini, bahwa sekitar 60 persen belanja iklan telah diambil oleh media digital, terutama platform-platform asing. Sehingga tadi malam saat makan durian, saya mengundang beberapa tokoh insan pers untuk berbicara mengenai ini,” ucap Jokowi.

Dikatakan Jokowi, Menkominfo baru saja mengajukan izin prakarsa mengenai rancangan Perpres tentang kerja sama perusahaan platform digital dengan perusahaan pers, untuk mendukung jurnalisme yang berkualitas. Namun ada juga usulan lain rancangan Perpres tentang tanggung jawab perusahaan platform digital untuk mendukung jurnalisme yang berkualitas.

“Segera selesaikan rancangan Perpres dalam satu bulan, Saya akan ikut dalam beberapa pembahasan mengenai ini (perpres),” tegasnya.

Dikatakan Presiden, sekitar 60 persen belanja iklan telah diambil oleh media digital, terutama platform-platform asing. Sehingga sumber daya keuangan media konvensional akan semakin berkurang terus, ditambah lagi dominasi asing dalam mengambil belanja iklan ini telah menyulitkan media dalam negeri.(Red,*)


Sumber,(Setkab/Suryadi)
×
Berita Terbaru Update