Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan


 

Indeks Berita

Bunga Telang ,Ajang Gift Geliat Upaya KESEHATAN TRADISIONAL di PKM Cikarang

Selasa, 27 Desember 2022 | 12/27/2022 08:52:00 AM WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-14T04:06:59Z

Cikarang Utara-gardakeadilannews.com
Berawal dari masa masa Pandemi di pertengahan tahun 2021, PKM Cikarang memulai adanya untuk menjadi Puskesmas terdepan dalam hal pengembangan Upaya Kesehatan Tradisional. Dimulai dengan penanaman berbagai jenis tanaman obat termasuk Bunga Telang. Kemudian muncul ide untuk mensosialisasikan ke masyarakat dengan cara mengolah Bunga Telang sebagai minuman selamat datang bagi para pengunjung puskesmas. Minuman herbal yang memiliki banyak khasiat antara lain antioksidan, antidiabetik, antiobesitas, antikanker dan tetes mata bayi. Diberi tajuk PUSPA TELANG TEA, disediakan 3 kali seminggu bagi para pengunjung puskesmas Cikarang secara gratis.

Kemudian beberapa saat kemudian, dengan meningkatnya panen bunga Telang, PKM Cikarang berinisiatif untuk memasarkan Bunga Telang dalam bentuk kering seperti teh. Dalam kemasan @10 gram. Dipasarkan pada konsumen lokal dan sebagai gift bagi tamu tamu yang berkunjung ke PKM Cikarang.

Geliat ini kemudian berkembang menjadi pembuatan Kebun Herbal D'Puspa di lantai 3 Puskesmas yang nantinya juga dipersiapkan sebagai pusat pelatihan Herbal dan pengembangan upaya kesehatan tradisional. Saat ini tersedia lebih dari 60 jenis herbal.

Upaya ini berlanjut dengan pembentukan kelompok ASMANTOGA, ASuhan MANdiri Tanaman Obat keluarGA. Sudah terbentuk 12 kelompok ASMANTOGA Aktif di 3 Desa wilayah kerja puskesmas Cikarang. Diharapkan tahun Depan akan terbentuk 50 kelompok.
Disisi pelayanan perorangan, PKM Cikarang memulai geliatnya dengan menyediakan beberapa layanan kesehatan tradisional, diantaranya Pijat Akupresur, Pijat ibu hamil, Baby Spa, Yoga yang masing masingnya dilaksanakan 2 kali seminggu.

Ke depan PKM Cikarang berharap bisa mengembangkan upaya ini lebih luas lagi. Dengan menambah jenis layanan seperti akupuntur, totok punggung, refleksi bahkan membuka SPA untuk keluarga.

PKM Cikarang memiliki dream sebagai salah satu Puskesmas Pionir pengembangan kesehatan tradisional. Puskesmas Cikarang Urtara Selalu Siap mendampingi dan memberi alternatif pemeliharaan kesehatan bagi masyarakat, juga dapat mengangkat dan mengembangkan potensi kesehatan tradisional sebagai penguat fondasi ekonomi masyarakat Indonesia. Indonesia kaya dengan berbagai jenis herbal dan jenis pengobatan tradisional dari Sabang sampai Merauke.
(Tang*)
×
Berita Terbaru Update